h1

Diplomasi Publik dan Internet

Desember 12, 2007

Sebuah kebijakan negara seringkali ditanggapi secara negatif oleh masyarakat hanya karena kesimpangsiuran atau ketidaklengkapan informasi yang beredar. Kecepatan penyebaran penggalan informasi di era digital ini hanya dalam hitungan detik atau menit, demikian pula dengan proses terbangunya sebuah opini publik yang bisa tercipta dalam hitungan detik dan menit. Dinamika komunikasi para pengguna internet serta mereka yang rajin mengikuti berita media baik cetak maupun online merupakan faktor utama dalam pembentukan opini publik. Tentu saja peranan pendapat para ahli/pakar juga akan menjadi katalis bagi arah opini yang akan terbentuk. 

Berangkat dari fakta di atas, maka tidak terhindarkan lagi bila sosialisasi dan komunikasi sebuah kebijakan negara dikatakan menjadi sangat penting. Termasuk kebijakan sebuah negara terhadap isu-isu luar negeri, baik yang bersifat bilateral maupun multilateral, yang berada dalam kawasan regional maupun global, serta yang berpengaruh langsung bagi masyarakat maupun tidak.

Sungguh beruntung bahwa dengan kemajuan teknologi, kita dapat memanfaatkan internet sebagai media sosialisasi dan komunikasi. Dalam pengelolaan para profesional yang mengelola urusan komunikasi publik, web atau blog yang menjadi media akan sangat efektif serta sanggup mencapai sasaran dengan cepat. Dengan menyajikan informasi dan pesan secara lebih cepat dan menarik, maka hal itu secara otomatis juga akan mengimbangi pergerakan desas-desus yang seringkali justru menjadi informasi yang lebih dipercaya publik. Tentu saja para profesional komunikasi publik harus dapat menyajikan informasi dengan cepat, akurat, serta lengkap sehingga kesalahpahaman di publik tidak akan mendapat ruang.

Diplomasi publik sebagaimana juga komunikasi publik memiliki posisi sentral dalam berhubungan langsung dengan masyarakat. Ada dua sasaran dalam diplomasi publik yaitu kepada masyarakat internasional dan kepada masyarakat di dalam negeri. Pada intinya informasi yang disampaikan ke publik bertujuan mempromosikan kepentingan nasional yang disalurkan dalam kebijakan luar negeri terkait dengan maksud dan tujuan, latar belakang, dasar kebijakan, serta aktivitas dan implementasinya. Hal ini merupakan bagian dari proses transparansi kebijakan yang sudah menjadi bagian dalam mekanisme pengambilan kebijakan di negara yang demokratis.

Diplomasi publik juga mengacu pada program-program yang disponsori oleh pemerintah dengan tujuan menginformasikan atau mempengaruhi opini publik baik di dalam maupun luar negeri. Instrumen salurannya termasuk publikasi cetakan dan online, film, pertukaran budaya, pameran, seminar, dialog, radio dan televisi serta berbagai saluran lainnya.

Internet sebagai salah satu media sosialisasi dan komunikasi gagasan telah menjadi media sehari-hari yang diakses berbagai kalangan yang sudah melek internet. Berangkat dari kepedulian terhadap pentingnya sosialisasi dan komunikasi dalam setiap kebijakan serta situasi obyektif yang berhadapan dengan kebijakan luar negeri Indonesia, maka Blog Diplomasi ini diluncurkan.

Semoga hal ini dapat memberikan kontribusi positif bagi dunia diplomasi Indonesia.

Satu komentar

  1. seorang diplomat yang mendatang harus expert dalam technology dwoooong…
    jadi gak ngehabisin duit untuk terbang2…



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: