h1

Awal Berdiplomasi

Januari 10, 2008

Apa sesungguhnya yang terjadi pada awal kita berdiplomasi di sebuah negara asing? Bagi sebagian besar kalangan diplomat yang sedang atau telah melewati posting pertama di negara asing, pertanyaan ini mungkin terlalu remeh. Namun tidak ada salahnya bila hal-hal mendasar ini diungkapkan kepada publik.

Ketika kita berada di sebuah negara asing, keterasingan kita akan mulai terasa seiring dengan sejumlah perbedaan mulai dari kondisi fisikal, sampai pada prinsip-prinsip hidup yang kita pegang. Dalam beberapa kasus keterasing perasaan tersebut demikian kuatnya sehingga melahirkan rasa tidak suka berada di dalam negara asing tersebut. Kondisi tersebut tidak boleh terjadi pada diri seorang diplomat, karena akan menjadi beban psikologis yang membuat setiap perkerjaan menjadi tidak nyaman.

Pada titik ekstrim lain, terjadi seorang diplomat begitu menikmati kondisi di negara asing tempat dia bertugas, sampai-sampai menjadikannya sebagai negara kedua yang dicintainya. Secara perlahan terjadi erosi sikap posisi yang seharusnya tetap melekat dalam militansi membawa misi negara.

Kemudian kita masuk pada ruang pergaulan dimana etika dan interaksi memegang peranan penting dalam kelancaran misi diplomasi seorang diplomat. Apabila posisi anda berada dalam suasana kritikal dan tidak nyaman dengan etika di negara setempat, maka bisa jadi anda akan menjadi sangat pendiam atau menjadi terlalu banyak mengkritik. Bagaimana hal itu dapat membawa keberhasilan?

Apabila anda terlalu over dan cenderung nyaris berubah kepribadian dengan mengadiposi nilai-nilai negara penempatan, bagaimana reaksi rekan-rekan senegara dan diplomat negara lain?

Sebuah pertanyaan sulit yang selalu muncul dalam penempatan pertama adalah bagaimana tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip pribadi dan di saat bersamaan juga menghormati dan memahami tradisi dan standar nilai negara tuan rumah.

Itulah sebabnya diplomasi termasuk seni bagi para pelakunya dan begitu banyak variasi dalam pelaksanaannya. Seringkali seorang pemula gagal meluweskan dirinya selaku diplomat karena menolak keras tradisi lokal atau mengalami benturan dalam soal etika. Baik dalam meja perundingan maupun dalam pesta cocktail, seorang diplomat dituntut untuk dapat mengaktifkan seni diplomasinya guna mencapai tujuan atau misinya yang diamanatkan kepadanya.

Diplomasi tidak berhenti di ruang basa-basi dan berakhir manakala sebuah misi diplomatik telah dicapai. Melalui seni diplomasi sering tercipta persahabatan yang erat karena pemahaman atas perbedaan yang ada. Persahabatan disini tidak identik dengan selalu saling jujur dalam berkomunikasi, tetapi lebih pada saling memahami posisi masing-masing yang kemudian dilampaui dengan tidak menjadikannya sebagai penghalang untuk menemukan kesamaan dalam bentuk lain seperti hobby dll.

Seluruh pasukan diplomasi Indonesia telah dibekali dengan dasar-dasar bagaimana kerja seorang diplomat dengan seni diplomasinya. Kepiawaian satu diplomat dengan yang lainnya juga berbeda sejalan dengan pengalaman yang berbeda-beda, misalnya ada yang ahli dalam multilateral, dan ada yang ahli dalam hubungan bilateral.

Awal berdiplomasi merupakan pembuka kunci untuk mengalami berbagai situasi dan kondisi yang akan menjadi modal dasar bagi seorang diplomat. Sebagian diplomat sukses besar sejak langkah awal, sebagian lagi biasa-biasa saja, sebagian lagi masih berada dalam tahap memperkuat percaya diri, sebagian lagi kurang berhasil. Apapaun penilaian dalam langkah awal berdiplomasi, sesungguhnya pengalaman langsung praktek dalam dunia diplomasi adalah guru sejati yang akan merubah dan membentuk kepiawaian seorang diplomat.

6 komentar

  1. sebenarnya arti dari diplomasi itu sendiri apa sih??

    saya mahasiswa HI universitas Brawijaya.

    minggu ini saya sedang mempelajari tentang diplomasi tapi saya masih belum memiliki banyak vocab tentang diplomasi…


  2. ayuuuuuuh……

    tingkatkan terus untuk menulis artikel….

    jangan copy paste yaks…


  3. bagus….
    tapi menjadi diplomat jangan dijadikan rujukan utama seorang mahasiswa HI, soalnya mahasiswa HI gak hanya untk jadi diplomat…

    oya…..
    lagian yang diterima brapa….
    mahasiswa HI di indo brapa…..

    eh…
    gak nyambung ya…..
    ma topicnya…..


  4. Hari Ini Ada UJian tentang Power sUatu negara iTu salah satUnya dengan berdIplomasi, nach…saya belUm menDapat penjelasan tentang Itu???rada amBigU di Otak saya INi…

    mahasiswi HI_Unibraw 2008


  5. @ ARS : stau sy sih intinya diplomasi itu adalah seni bernegoisasi, jadi mksdnya perundingan yang dilakukan suatu negara dengan negara lain untuk menyelesaikan suatu masalah tanpa dengan kekerasan atau dengan cara perang…gak tw d salah apa bnr..hehhee… mklum bru bljar juga ^^


  6. k apa contoh dari diplomasi dalam sarana hubungan internasional??????? di jawab yah



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: